Sumber Daya Manusia vs Mesin

posted in: fakta dunia kerja | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh Petrus Edi Santoso

Sumber Daya Manusia vs Mesin

Sumber Daya Manusia vs Mesin

Tahukah Anda, bahwa kini semakin banyak bermunculan dunia industri baru yang beraneka ragam jenisnya. Dari sektor hulu hingga hilir, dari pabrik tepung hingga restoran pizza. Dari yang menggunakan teknologi canggih hingga yang hanya mengandalkan teknik sederhana.

Namun setinggi atau secanggih apapun teknologi yang digunakan, kedudukan Sumber Daya Manusia (SDM) tetap memiliki peranan yang amat penting. Sedemikian pentingnya, hingga tanpa adanya SDM, hampir dapat dipastikan terjadinya kelumpuhan dalam dunia usaha tersebut.
Teknologi memang membuat adanya peningkatan kecepatan, efisiensi, mutu, kekuatan, ketahanan dalam dunia usaha. Namun kreatifitas, kecerdasan, kemampuan memotivasi diri sendiri dan orang lain, adanya komitmen, adanya visi dan misi, pemahaman tentang keindahan, pemahaman tentang kasih, kemampuan bekerja sama, kemampuan merefleksi diri, kemampuan belajar untuk menjadi lebih baik adalah keunggulan SDM yang tak tergantikan.
Karena tak tergantikan, maka yang bisa dilakukan dalam mendorong perkembangan dunia usaha adalah terutama dengan memaksimalkan kinerja SDM. SDM, termasuk Anda sendiri memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mesin-mesin dalam menjalankan roda industri. Anda tidak perlu takut bersaing dengan mesin-mesin, mereka hanya benda mati. Namun jika Anda tidak membuat nilai lebih, maka Anda akan tergeser oleh kemampuan mesin.

Semoga artikel Sumber Daya Manusia vs Mesin ini bermanfaat.

 

Sumber gambar:yourstory.com

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply