Pertimbangan Memiliki Kartu Ajaib Pembayaran

posted in: finansial | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh Petrus Edi

Pertimbangan Memiliki Kartu Ajaib Pembayaran

Pertimbangan Memiliki Kartu Ajaib Pembayaran

Catat. Saya bukan ahli keuangan, bukan ahli perbankan. Melalui artikel ini saya ingin berbagi pengalaman bagi yang awam sama sekali, belum mengerti mengenai kartu kredit. Terutama fokus dalam edukasikerja.com adalah bagi siswa, lulusan, pencari kerja, dan karyawan baru. Mungkin pembahasan saya tidak lengkap, tapi paling tidak menjadi bekal untuk Anda.


Baik. Ketika Anda berada di antrian loket pembayaran sebuah supermarket mungkin melihat orang lain melakukan transaksi pembayaran tidak mengeluarkan uang sama sekali. Cukup menggesekkan kartu dan beres, pergi. Mungkin Anda pikir ini sungguh hebat, ajaib, keren, elit. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara memiliki kartu itu, apa perlu memiliki kartu itu.
Untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu bisa dilakukan dengan 2 macam, yaitu kartu kartu ATM dan kartu kredit.

Kartu ATM
Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic ….Money) adalah salah satu fasilitas yang tersedia ketika Anda memiliki rekening tabungan di sebuah bank. Fasilitas itu bisa Anda gunakan, bisa juga tidak. Jika Anda ingin, datang saja ke bank tersebut dan minta dibuatkan kartu ATM. Syaratnya mudah, yaitu memiliki rekening tabungan, fotocopy KTP, dan mengisi formulir. Tidak begitu rumit.
Ketika Anda menggesek kartu ini untuk melakukan pembayaran, artinya Anda secara otomatis menggunakan uang dalam rekening tabungan untuk membayar transaksi tersebut. Jadi saldo atau jumlah uang dalam rekening tabungan akan otomatis dipotong untuk membayar transaksi tersebut. Jika Anda memiliki kebutuhan sangat mendadak dan tidak membawa uang tunai, kartu ini bisa digunakan.
Manfaat lain adalah dengan kartu ATM Anda dapat menarik tunai di lokasi manapun yang memiliki mesin ATM. Mesin ATM dapat berfungsi 24 jam setiap hari termasuk hari libur. Tanpa memiliki ATM, untuk menarik tunai tabungan Anda, Anda harus pergi ke bank, sedangkan bank tidak buka setiap waktu.

Kartu Kredit
Kartu kredit juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dengan cara menggesekkan kartu. Bedanya dengan kartu ATM, tidak memotong otomatis saldo tabungan Anda. Wah, hebat, enak sekali. TUNGGU DULU. Baca dulu deh sampai tuntas.
Dengan memiliki kartu kredit, Anda dipercaya untuk secara otomatis meminjam uang dari bank penerbit kartu kredit dengan batasan tertentu dan dianggap mampu mengembalikannya. Jadi ketika melakukan transaksi dengan kartu kredit sama artinya dengan meminjam uang dari bank untuk membayar transaksi tersebut. Bisa terjadi bahkan meskipun Anda tidak memiliki uang sebanyak itu di rekening tabungan. Setelah melakukan transaksi jangan lupa membayarnya.
Kartu kredit dikeluarkan oleh bank . Penerbit kartu kredit di Indonesia diantaranya:
Bank Mandiri, CIMB, Niaga, Bank Sinarmas, BCA, Bank Permata Bank, BJB,BNI, BNI Syariah, Standard Chartered, HSBC, BII, Bank Danamon, Citibank, ANZ, BRI, Bank Mega, Bank Panin, BTN, NISP, Bank Bukopin.
Seseorang yang boleh memiliki kartu kredit harus memiliki sumber pendapatan yang tetap. Karenanya syaratnya lebih banyak dibandingnya dengan persyaratan memiliki kartu ATM. Syarat pengajuan memiliki kartu kredit:

– minimal berumur 21 tahun
– berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
– fotokopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan 3 bulan terakhir
– fotokopi NPWP
– fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
– tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (bagi yang sudah memiliki)
– fotokopi KTP
– mengisi formulir pengajuan kartu kredit

Semoga artikel Pertimbangan Memiliki Kartu Ajaib Pembayaran ini bermanfaat.

Sumber gambar:businessinsider.com

Save

Save

Save

Save

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply