Pentingnya Mengadakan Pelatihan Kerja di Sekolah

posted in: pelatihan di sekolah | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh Petrus Edi Santoso

Pentingnya Mengadakan Pelatihan Kerja di Sekolah

Pentingnya Mengadakan Pelatihan Kerja di Sekolah

Apa sebenarnya tujuan para siswa atau mahasiswa sekolah?
Mungkin ada jawaban seperti ini: Untuk mempersiapkan mereka mengahadapi masa depan mereka.

Seperti apakah masa depan yang akan mereka hadapi? Apakah di sekolah dijelaskan?
Tidak ada penjelasan secara langsung.

Persiapan apakah yang dimaksud? Apakah sungguh sudah dipersiapkan?

OK, itu tadi pertanyaan pemanasan. Lebih tepatnya direnungkan saja.

Orang tua menyekolahkan anak mereka dengan harapan: jika lulus nanti sanggup mandiri. Sanggup menghidupi diri sendiri dan tanggungannya. Tanggungan bisa meliputi pasangan, anak, atau keluarga lain. Mandiri diartikan lebih spesifik yaitu mampu menghasilkan uang.
Maaf, mungkin terlalu fulgar, namun demikianlah kenyataannya. Untuk dapat hidup mandiri, manusia modern membutuhkan uang untuk membeli segala kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) hingga kebutuhan sekunder (kendaraan, hobi, sekolah, dll).
Ada banyak cara yang baik untuk menghasilkan uang. Misalnya dengan menjual barang, menjual jasa. Dalam hal ini kita sebut sebagai bekerja. Baik bekerja di perusahaan orang lain maupun menciptakan usaha sendiri.

Kata kuncinya adalah menjadi MANDIRI, dengan BEKERJA.

Jadi jika kita pertemukan kedua ujungnya:
Orangtua mengharapkan anaknya setelah lulus sekolah dapat mudah menciptakan, mencari, atau mendapatkan pe-kerja-an. Tentunya dengan cara yang benar, halal.

Kita mengharapkan sekolah benar-benar menyiapkan siswanya siap bekerja, mudah mencari kerja. Dari bekerja mereka akan memperoleh penghasilan berupa uang. Dengan uang tersebut mereka mampu mandiri.

Sekarang saatnya kita mengevaluasi. Berikut fakta Tingkat Pengangguran Terbuka berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan (sumber: Biro Pusat Statistik):

Pengangguran Terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan 2015 (BPS)

Banyak pengangguran terbuka yang sebenarnya adalah berpendidikan.

Hal ini tidak selarah dengan sekolah yang memang belum didesain untuk meluluskan siswa siap kerja, melainkan siswa yang memiliki nilai yang baik dan mampu melanjutkan sekolah. Pada kenyataannya banyak siswa tidak melanjutkan sekolah dengan berbagai alasan.

Solusinya adalah:
– Menyisipkan program yang memberikan inspirasi, seperti mendatangkan sosok pekerja yang sukses dalam sebuah acara seperti seminar.
– Membuat pelatihan khusus.
– Mengadakan seminar untuk membuka wawasan dan memberi bekal khusus.
– Mengadakan forum tanya jawab yang berkaitan.

Lebih disarankan lagi untuk mengadakan praktek kerja industri, atau live in dengan bekerja sama dengan pihak industry atau swasta. Hal ini dapat memberi pengalaman langsung merasakan bekerja atau hidup mandiri.

Edukasi Kerja siap membantu pihak sekolah dalam memberikan pelatihan, seminar, mendatangkan sumber inspirasi yang sesuai.

Semoga artikel Pentingnya Mengadakan Pelatihan Kerja di Sekolah bermanfaat.

Sumber gambar: techcitynews.com

Save

Save

Save

Save

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply