Menabung 7 Pengalaman Utama untuk CV Anda

posted in: memaknai kegiatan sekolah | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

 

2.3.2 menabung_pengalaman 800x400

Oleh: Petrus Edi

Menabung 7 Pengalaman sangat penting dalam membuat CV.

Pada dasarnya CV hanyalah sebuah ringkasan perjalanan hidup Anda. Ringkasan ini dapat dijadikan dasar penyeleksian pelamar kerja. Apa yang dituliskan adalah hasil tabungan Anda di masa lalu. Bagi Anda yang aktif beroganisasi, mau menjadi pemimpin, giat meraih berbagai keterampilan, dalam CV ini Anda dapat menuliskannya dengan mudah. Sebaliknya, Anda tidak dapat menuliskan lebih banyak jika Anda tidak giat, tidak aktif di masa lalu.

Bagi Anda yang masih di bangku sekolah, saya memberi saran agar menabunglah dari sekarang. Menabung uang boleh saja, namun yang saya maksud di sini bukanlah uang, melainkan pengalaman. Pengalaman itulah yang nanti akan Anda tulis di CV Anda.

Bagi guru dan pengurus sekolah, ini adalah sebuah trik memberi bekal bagi siswa agar mudah dalam bekerja. Berilah mereka ruang dan doronglah untuk menabung pengalaman itu.

Pengalaman utama yang perlu ditabung:

1. Pengalaman kemampuan berkomunikasi
Agar dapat ditulis dalam CV Anda, ikutilah kegiatan yang mengasah kemampuan berkomunikasi. Kegiatan yang dapat diikuti misalnya organisasi kesiswaan, pramuka.

2. Pengalaman memimpin
Dalam kegiatan yang Anda ikuti, jika ada kesempatan beranikan diri menjadi pengurus. Bisa ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara atau seksi tertentu. Jika ada even, ajukan diri untuk ikut dalam kepanitiaan. Jalani saja prosesnya, akan sangat berguna untuk kemandirian Anda.

3. Pengalaman bekerja
Raihlah kesempatan apapun untuk mendapatkan pengalaman bekerja. Bahkan dengan upah minimpun, ambillah. Bisa Anda lakukan di waktu luang, libur. Jangan sampai mengganggu kegiatan belajar mengajar. Alangkah lebih baik sekolah menyelenggarakan kegiatan praktek kerja lapangan. Ini penting sekali untuk memiliki pengalaman bekerja. Anda akan membuat perbedaan dengan yang lain.

4. Kursus keahlian
Ambillah kursus keahlian yang Anda minati. Bisa menggambar dengan corel, CAD, atau bela diri.

5. Kursus bahasa asing
Ikutilah kursus bahasa asing. Asahlah kemampuan berbicara, menulis dan membaca bahasa asing. Jika sekolah mengadakan akan lebih baik. Jika tidak, Anda dapat mengikuti kursus dari lembaga yang mengadakan kursus bahasa asing. Dapatkan sertifikatnya.

6. Kursus komputer
Ambillah kursus komputer. Di era modern ini sebagian besar pekerjaan menuntut Anda mengerti cara menggunakan komputer. Yakinlah, pasti akan sangat berguna untuk Anda.

7. Pelatihan etos kerja
Mintalah sekolah mengadakan pelatihan etos kerja. Etos kerja adalah unsur yang perlu Anda miliki jika Anda bekerja nanti. Merupakan pencerahan agar Anda memahami dan tidak salah langlah.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: businessinsider.com

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply