9 Tips Menghadapi Negosiasi Gaji

posted in: seleksi karyawan | 1
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

 

Oleh Petrus Edi

9 Tips Menghadapi Negosiasi Gaji

Perkaya wawasan Anda saat menghadapi negosiasi gaji yang menentukan masa depan Anda. Tentukan betapa berharganya Anda.

9 tips menghadapi negosiasi gaji

 

Bagi yang belum mengetahui, gaji adalah sejumlah uang yang akan didapat oleh seorang karyawan di akhir bulan setelah sebulan bekerja. Umumnya gaji diberikan setiap bulannya atau berdasarkan perjanjian kerja.
Besarnya gaji ditentukan berdasar kesepakatan antara calon karyawan dengan perusahaan. Dalam hal ini Anda dan perusahaan akan bernegosiasi.

Negosiasi gaji biasanya dilakukan setelah Anda melalui test wawancara. Seperti transaksi jual beli, perusahaan akan menekan harga dan Anda mengharapkan lebih tinggi. Namun jangan khawatir, umumnya perusahaan tidak akan menegosiasi gaji secara semena-mena. Perusahaan memiliki standard range gaji yang sudah tertentu.
Jika perusahaan berbaik hati, dan Anda adalah calon karyawan potensial, Anda akan mendapatkan deal gaji yang maksimal. Adalah penting mengetahui bahwa hasil negosiasi Anda dengan perusahaan adil. Bagaimana Anda bisa mengetahuinya?

– Ketahui Upah Minimum Daerah
Perusahaan tersebut berada di wilayah mana? Setiap wilayah memiliki batas minimum upah. Lihat Data Upah Minimum Daerah 2016. Ingat ini adalah batas minimum, jadi jika Anda ditawari gaji dibawah Upah Minimum, Anda berhak bertanya dan menolak.

– Ketahui posisi Anda, jobdesc Anda
Tanyakan dan perjelas posisi / jabatan Anda, tugas Anda, memiliki bawahan atau tidak, lembur dibayar atau tidak. Minta informasi standard gaji berdasarkan jabatan atau golongan dalam perusahaan tersebut. Perusahaan yang mapan memiliki standard yang sudah tertentu.

– Mencari informasi dari rekan
Anda dapat mencari, bertanya pada orang lain yang Anda kenal. Mintalah nasihat kepada mereka.

– Untuk tingkat advance, saya memiliki rumusan tersendiri. Dapatkan di eBook saya.

Tips saat bernegosiasi:

1. Tidak perlu panik, gugup, teguhkan diri Anda.

2. Siapkan sebelumnya range gaji berdasarkan 3 informasi di atas, sehingga Anda dapat menawar lebih realistis. Ini menjadi bekal pertimbangan Anda saat melakukan negosiasi nantinya.

3. Penting untuk menentukan range tersebut. Terlalu rendah menunjukkan Anda kurang percaya diri, Anda tidak yakin atas kemampuan Anda. Terlalu tinggi akan membuat perusahaan tidak bersimpati, terkesan sombong.

4. Sebagai pelamar, jangan pernah memulai menanyakan gaji lebih dulu saat wawancara. Tunggulah hingga perusahaan yang mulai menanyakan atau melakukan negosiasi.

5. Pada saat muncul penawaran rendah dari perusahaan, jangan terburu-buru menolak. Tanyakan, minta penjelasan benefit atau tunjangan lain.

6. Jika Anda tidak yakin ucapkan demikian “Terima kasih, saya yakin perusahaan memberikan yang terbaik untuk saya. Saya minta 1-2 hari untuk mempertimbangkannya.”

7. Jika Anda yakin untuk menolak, Anda dapat langsung mengatakannya dengan sopan.

8. Jika Anda sudah deal, ingat baik-baik: Nilai gaji adalah data yang sangat pribadi. Simpan dan jaga kerahasiaannya. Rawat atau hancurkan slip gaji Anda, menaruh sembarangan sama artinya membuat orang lain mengetahuinya. Jika orang lain bertanya memaksa cukup katakan gaji saya standard saja kok.

9. Sebaiknya Anda mencari teman dan berlatih. Dengan berlatih, Anda dapat melakukannya dengan lebih baik.

Semoga 9 Tips Menghadapi Negosiasi Gaji ini bermanfaat.

 

Sumber gambar: ybnews.co.uk

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

One Response

  1. I must say you have very interesting content here.

    Your website can go viral. You need initial traffic only. How to get it?

    Search for; Etorofer’s strategies

Leave a Reply