7 Cara Tepat Mengatur Gaji Anda

posted in: bimbingan karir | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh: Petrus Edi

7 Cara Tepat Mengatur Gaji Anda  perlu Anda ketahui agar Anda dapat menggunakan gaji dengan bijak.

7 cara tepat mengatur gaji

Bagi Anda sebagai karyawan baru, tentunya menyenangkan menerima gaji pertama. Mungkin tak habisnya memandangi setumpuk uang yang Anda terima. Begitu bangganya, tak terkira, sekarang Anda menerima hasil jerih payahnya bekerja. Anda boleh mencatatnya, ini adalah sejarah buat kehidupan Anda. Mungkin suatu saat bisa Anda ceritakan kepada anak cucu.

Mungkin akan muncul dalam benak Anda dengan segera, akan membeli ini, itu. Rasanya di sini mungkin terjadi pelampiasan. Mungkin dulu pernah dilarang membeli sesuatu atau tidak kesampaian membeli sesuatu. Sekarang saatnya, sudah saatnya, uang di depan mata. Ada gejolak yang menggelora.

Sekarang saatnya Anda mendengarkan nasihat saya.

1. Membuat posting gaji
Buatlah posting gaji atau anggaran bulanan. Ambillah selembar kertas / buku dan pena. Membuat di excel lebih baik. Di sekolah tentunya diajarkan macam-macam kebutuhan manusia. Ada kebutuhan pokok, sekunder, tersier. Sekarang Anda mulai membuat kerangkanya, dan isi sejumlah uang yang Anda keluarkan setiap bulan untuk setiap item.

Kebutuhan primer, pokok adalah kebutuhan yang harus ada. Sebagai seorang karyawan kebutuhan pokok Anda: makan dan minum, pakaian, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, cicilan kendaraan, tagihan listrik, membayar hutang. Mungkin saat ini, biaya komunikasi dapat beralih ke kebutuhan primer.

Setelah Anda mengisi kebutuhan primer, barulah Anda atur kebutuhan lain. Saran saya, sebelum mengatur kebutuhan lain tentukan sejumlah uang untuk ditabung.

2. Menabung
Sisihkan uang untuk menabung. Simpan di tempat yang aman dan tidak mudah mengambilnya, sehingga Anda tidak tergoda untuk memakainya untuk kebutuhan tak penting. Pada saatnya nanti tabungan Anda akan sangat bermanfaat.

3. Segeralah membayar cicilan atau hutang.
Jangan Anda tunda, segeralah membayar semua tagihan, cicilan, hutang bulanan Anda. Jika Anda tidak melakukan segera, Anda bisa lupa sehingga mungkin didenda. Anda mungkin bisa lupa bahwa uang tersebut sudah menjadi jatah membayar cicilan, namun Anda belanjakan untuk hal yang tidak begitu diperlukan.

4. Kartu kredit
Kartu kredit diperuntukkan bagi yang memiliki penghasilan lebih. Saran saya, jika berpenghasilan di bawah 5 juta, tidak perlu mengajukan kartu kredit.

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit, bijaksanalah menggunakannya. Dengan cara yang tepat kartu kredit dapat membantu Anda mengelola keuangan seperti membayar tagihan dengan mudah. Namun ingat, lunasilah tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya.

5. Berhemat
Berhemat dapat dilakukan dengan:
– membeli dan menggunakan dengan jumlah secukupnya
– jika ada beberapa pilihan, carilah harga yang terjangkau, jika bingung ambil yang termurah atau menengah.
– hindari membeli barang di luar rencana.
– membawa uang secukupnya saja ketika berbelanja.

6. Merencanakan sebelum berbelanja
Ketika Anda berencana berbelanja, buatlah daftar yang akan Anda beli. Bawalah uang secukupnya. Saat berbelanja, fokuslah pada yang ada dalam daftar. Fokus mencari dan memilih.

7. Investasi
Jika jumlah tabungan Anda cukup, pertimbangkan untuk menginvestasikannya.

Mungkin untuk kali pertama, Anda akan merasa repot, malas. Itu wajar saja. Kali kedua dan seterusnya akan menjadi kebiasaan yang baik. Ingatlah, gaji bulanan itu harus dapat memenuhi semua kebutuhan Anda dalam sebulan.

Jika ternyata di atas kertas uang tersebut tidak cukup, mana yang akan Anda coret dalam daftar. Tentunya masih mudah ketika masih di atas kertas. Namun jika sudah terlanjur Anda belanjakan, tidak heran jika terjadi kehabisan uang di tengah bulan. Tentunya Anda tidak menginginkannya bukan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: ipcswimming.org

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply