4 Sumber Informasi Lowongan Kerja

posted in: mencari informasi lowongan | 6
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh Petrus Edi

4 Sumber Informasi Lowongan Kerja

4 Sumber Informasi Lowongan Kerja

Di abad 21 era komunikasi modern ini, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dengan mudah. Tidak terbatas, hingga ke ujung duniapun bisa Anda dapatkan. Kemudahan itu memberikan lebih banyak ruang bagi Anda untuk memilih. Anda dapat menyesuaikannya dengan pendidikan Anda, keahlian Anda, daerah, jabatan, atau perusahaan yang diinginkan.


Namun perlu diingat juga bahwa persaingan sangat ketat, mengingat banyaknya orang yang mencari kerja. Tingginya jumlah pengangguran, banyaknya fresh graduate, dan rendahnya pertumbuhan dunia kerja ikut menaikkan tingkat persaingan kerja.
Ada 4 macam sumber informasi lowongan kerja yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Media cetak
– Koran / Surat Kabar
Anda dapat menjumpai banyak informasi lowongan di koran. Pada hari-hari tertentu informasi lowongan lebih banyak muncul, biasanya hari Sabtu atau Minggu. Anda dapat memilih koran skala nasional atau daerah yang sesuai. Gunakan koran yang baru terbit agar informasinya update.
– Majalah
Di majalahpun dapat Anda jumpai banyak informasi lowongan.

2. Informasi lisan
Informasi lisan dapat Anda dapatkan dari orang dalam atau siapapun yang bisa Anda percaya. Biasanya sebelum memasang iklan, pencari kerja memberikan, menyebarkan informasi secara lisan. Jika kandidat sudah didapat, tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk memasang iklan.

3. Job fair
Beberapa lembaga memberikan informasi lowongan kerja, diantaranya:
– Sekolah-sekolah terntentu juga memberikan informasi. Ada yang berupa pengumuman di tempel di papan pengumuman, ada yang mengadakan stand informasi kerja. Anda dapat mencari informasi event tersebut di http://jadwalevent.web.id/jadwal-lengkap-job-fair-di-tahun-2016
– Lebih lengkap lagi Anda dapat cari di internet mengenai event job fair.

4. Situs internet
Internet menyediakan banyak informasi dan berita termasuk informasi lowongan kerja. Berikut beberapa diantaranya:
– Departemen Tenaga Kerja
Sebagai departemen yang khusus mengurusi tenaga kerja, Depnaker mempunyai misi menekan angka pengangguran. Maka sudah sewajarnya memberikan wadah informasi lowongan kerja. Anda bisa mencoba melihatnya di http://bursakerjadepnaker.com ; http://infokerja.naker.go.id/ .
– Indeed
Indeed merupakan situs pencarian lowongan kerja global, ia telah beroperasi di enam puluh negara, termasuk Indonesia. Indeed memiliki fitur agregator yang memungkinkan pencarian dari situs lain, surat kabar, halaman karier di situs perusahaan, dan sebagainya.
– Loker
Sebagai sumber informasi lowongan kerja lokal di Indonesia, berdiri pada 20 Maret 2007 oleh CV. Jemari. Loker menjamin keabsahan dan keakuratannya, karena setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual sebelum dipublikasikan secara online.
– Kompas Karir
Kompas sebagai koran terbesar di Indonesia juga menyediakan informasi lowongan kerja dengan mendirikan Kompas Karier. Anda dapat menemukan lowongan kerja terbaru, lowongan kerja pilihan, dan sejumlah tips karier. Semua informasi lowongan tersebut gratis bagi para pencari kerja.
– Karir.com
Karir.com didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama, berdiri pada 1999. Karir.com memiliki fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan posisi, nama perusahaan, dan kata kunci. Selain itu, situs ini juga memiliki informasi kategori pekerjaan berdasarkan industri (misalnya manufacturing, financial banking, dan retail) dan kota (misalnya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan).
– jobstreet.co.id
Jobstreet.co.id merupakan bagian dari JobStreet.com yang didirikan di Malaysia pada 1997. Selain di Indonesia, juga ada di Singapura, Filipina, dan Vietnam. Pencarian lowongan kerja dapat berdasarkan spesialisasi, tingkat jabatan, lokasi, nama perusahaan, lowongan di luar negeri, atau lowongan lulusan baru. Anda juga bisa memilih lowongan berdasarkan tanggal dan gaji. Anda pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi JobStreet Mobil App.
– Jora
Jora berasal dari Australia, sebagai agregator dari situs-situs yang sudah ada. Artinya, cukup dengan membuka Jora, kamu bisa mencari lowongan kerja dari berbagai portal loker di Indonesia. Jora, yang memiliki tampilan pencarian sesimpel Google, sudah memiliki hak eksklusif untuk menampilkan lowongan kerja dari situs JobStreet dan JobsDB Indonesia. Selain itu, Jora juga menampilkan loker dari perusahaan dan agen rekrutmen yang mencari kandidat untuk berbagai posisi.
– JobsDB
JobsDB didirikan di Hongkong pada 1998. Selain di Indonesia, JobsDB juga ada di China, Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand, dan Filipina. Di JobsDB, Anda melihat daftar pekerjaan berdasarkan fungsi (jabatan), lokasi, industri, gaji bulanan yang diinginkan. JobsDB juga menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan PNS.

Semoga artikel 4 Sumber Informasi Lowongan Kerja ini bermanfaat.

Sumber gambar: colourbox.com

Save

Save

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

6 Responses

  1. Simply just wished to point out I am thankful that i came onto your website!.
    tom http://sycxmy.com/comment/html/index.php?page=1&id=8006

  2. I dugg some of you post as I cogitated they were handy very
    beneficial.

    • Can I call you Sally? Make a difference though small. Dreaming big makes you have a direction. Thank you for your support.

  3. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew
    of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my
    newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping
    maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    • Hai, you can use jetpack plugin. You can learn from Youtube. Thanks for coming.

Leave a Reply