10 Keterampilan Dasar Karyawan Hebat

posted in: karyawan baru | 0
Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Oleh Petrus Edi Santoso

10 Keterampilan Dasar Karyawan Hebat

10 Keterampilan Dasar Karyawan Hebat

Terlepas dari jabatan Anda nanti atau saat ini, hampir semua perusahaan mengharapkan Anda memiliki keterampilan ini. Pahami dan miliki, pasti akan sangat berguna bagi Anda.
Beberapa orang mungkin mengatakan keterampilan ini adalah dasar. Yang lain mungkin menambahkan bahwa semua orang sudah memiliki keterampilan ini sehingga tidak ada gunanya dibahas. Saya kurang setuju. Saya justru lebih sering mendengar perusahaan yang frustrasi karena kandidat karyawan mereka tidak memiliki semua keterampilan ini.

1. Komunikasi (tertulis dan lisan)
Tanpa memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, Anda akan sulit mendapatkan pekerjaan, sulit meraih karir yang lebih tinggi, sering mendapat masalah di tempat kerja. Anda tidak harus bisa berbicara secara profesional atau menulis sebuah buku.
Pada saat berkomunikasi Anda bisa menjadi pemberi pesan atau penerima pesan. Yang perlu Anda kuasai adalah dasar komunikasi yaitu informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan lengkap oleh orang lain. Sebaliknya, komunikasi yang kurang baik ditandai dengan tidak sampainya informasi dengan baik dan lengkap.
Biasanya kesalahan terletak pada:

Saat menerima pesan
– bisa jadi Anda sendiri tidak menerima informasi dengan lengkap atau tidak tepat,
– tidak jujur mengatakan bila tidak paham,
– bisa jadi Anda sendiri tidak teliti

Saat memberi pesan
– pemilihan kata yang kurang tepat sehingga mengakibatkan penafsiran makna yang berbeda,
– susunan kalimat yang tidak teratur,
– penambahan kalimat yang tidak perlu mengakibatkan pesan kurang tegas disampaikan.
Dapatkan pembahasan mendalam untuk secara mudah dan praktis memiliki keterampilan ini di eBook saya.

2. Komputer
Era teknologi informasi sudah lama berlangsung. Bukan jamannya menilai kemampuan menggunakan komputer dilihat dari keterampilan mengetik saja. Komputer adalah benda mati, ia akan berdaya guna bagi orang yang terampil menggunakannya. Dengan komputer hasil tak terbatas dapat dicapai. Amat disayangkan jika tidak memiliki keterampilan ini. Pemanfaatan komputer berkembang terus menerus, Anda juga perlu meng-upgrade diri terhadap perkembangan ini. Suatu saat Anda harus menginvestasikan waktu untuk belajar autodikdak pada hal yang baru.
Perusahaan mengharapkan karyawan menguasai keterampilan:

Dasar
– mengolah kata (word)
– mengolah data (excel)
– membuat presentasi (power point)
– bekerja online minimal mahir mencari informasi melalui search engine.

Tingkat lanjut
– menggambar menggunakan corel draw, autocad
– membuat mind map, sistemasi kerja
Hanya bisa mengoperasikan software belum cukup. Anda akan berhasil menguasai keterampilan ini ketika file-file yang Anda buat dapat berguna dan dimengerti dengan tepat oleh orang lain.
Dapatkan tips dan trik praktis menguasai keterampilan ini di eBook saya.

3. Customer Service
Mayoritas pekerjaan yang ada saat ini adalah industri jasa. Kendati demikian, diluar industri jasa, industri modern menganggap orang yang melanjutkan pekerjaan kita sebagai internal customer. Jadi semua orang perlu memiliki keterampilan ini.
Saat ini Anda berada pada masa kualitas berbasis kepuasan pelanggan, jadi sangat penting menguasai keterampilan customer service. Ini termasuk cara yang tepat untuk menyapa pelanggan, mengingat nama mereka, dan menjawab pertanyaan pelanggan.
Dapatkan keterampilan customer service yang amat mudah dipraktekkan di eBook saya.

4. Empati
Empati tidak sama dengan simpati. Empati bisa sangat sulit untuk dipelajari. Jika Anda berada dalam lingkungan yang dididik untuk berempati tinggi, pastilah Anda dengan sendiri sudah memilikinya. Jika Anda memiliki ini dan sering menggunakan, Anda dapat dengan mudah mencari pertolongan saat Anda memerlukan.
Untuk memiliki keterampilan empati ini, Anda perlu contoh yang menggugah Anda memahami apa sesungguhnya yang menghambat Anda memiliki keterampilan ini. Ini adalah komponen kunci untuk layanan pelanggan, komunikasi yang efektif dan kerja sama tim.

5. Belajar
Menjadi seorang pembelajar seumur hidup bukan hanya slogan di tempat kerja. Itu kenyataan. Dunia industri, informasi, teknologi terus berkembang. Yang tidak mengikuti perkembangan, terutama yang berkaitan dengan pekerjaannya, akan tertinggal atau ditinggalkan. Tempat kerja saat ini membutuhkan kita untuk terus belajar keterampilan baru. Anda harus terbuka untuk pengalaman belajar baru, menyadari bagaimana Anda memilih untuk belajar, dan siap untuk mengaplikasikan hasil belajar Anda untuk perusahaan.

6. Matematika
Dalam hal ini saya tidak berbicara aljabar atau trigonometri. Anda harus tahu aritmatika dasar: penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, mengkonversi satuan, perbandingan proporsional. Indonesia sekarang sudah menjalankan program wajib belajar …. tahun. Ayo, semua orang sudah sewajarnya memiliki keterampilan matematika dasar. Akan sangat buruk, pada saatnya Anda akan menghadapinya, jika Anda tidak menguasai keterampilan ini. Minimal jika tidak hafal, Anda bisa menggunakan kalkulator.

7. Perencanaan
Keterampilan merencanakan dan menjadwalkan sebenarnya sudah diajarkan di sekolah. Setiap hari harus menyiapkan buku apa saja untuk pelajaran hari esok. Ketika akan ujian, Anda mulai merencanakan belajar apa saja setiap harinya.
Setiap orang memiliki banyak hal yang terjadi dalam hidup mereka. Kita memiliki rencana penting masing-masing. Kita semua harus menemukan metode untuk menjaga daftar rencana, menaruhnya di kalender, atau apa pun.
Pekerjaan tanpa perencanaan akan menghadapi banyak hambatan. Perencanaan yang baik akan memberi pencerahan pada Anda bagaimana mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

8. Problem Solving
Orang lain tidak dapat menyelesaikan semua masalah Anda. Anda harus mampu berpikir kritis, logis dan memecahkan masalah Anda sendiri. Kemampuan ini bagaikan sebilah pisau. Lakukan, latih berulang-ulang, tinjau kembali dan latih lagi bagaikan Anda mengasah sebilah pisau. Suatu saat Anda sudah pada level yang tidak Anda duga. Agar Anda dapat meraih level tersebut, syaratnya adalah hadapi masalah bukan menghindarinya, dapatkan pekerjaan lebih banyak sehingga masalah lebih banyak.

9. Penelitian dan Pengumpulan Informasi
Segala hal yang dapat mendukung pekerjaan Anda harus Anda perdalam. Penelitian dan pengumpulan informasi menjadi penting. Sumbernya perlu Anda terima dengan akrab. Itu bisa berupa orang, yellow pages, pameran, informasi dari website, dan sebagainya.
Memperoleh keterampilan dari orang membutuhkan keterampilan khusus yang dapat Anda asah terus menerus. Semakin banyak dan tepat informasi yang Anda dapatkan, Anda akan makin percaya diri dan tepat melangkah.

10. Teamwork
Tidak peduli siapa dan pekerjaan yang kita miliki, tidak mungkin melakukannya sendirian. Anda harus mampu bekerja dengan orang lain. Ini berarti berkomunikasi secara efektif dengan mereka. Berempati dengan masalah mereka. Dan belajar dari mereka.
Dalam sebuah teamwork, Anda akan dihargai dan diberi ruang jika berperan aktif. Aturan dasar, kode etik harus Anda pegang agar Anda tidak dilempar dari teamwork.
Itulah keterampilan dasar yang perlu setiap karyawan. Jika Anda ingin benar-benar suskses dalam karir Anda, kembangkan keahlian tersebut. Anda pasti bisa.

Semoga 10 Keterampilan Dasar Karyawan Hebat ini bermanfaat.

Sumber gambar: engineering.leads.ac.uk

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Share This
Facebooktwittergoogle_pluspinterest

Leave a Reply